7 Negara Islam Terkaya dan Termakmur di Dunia

Negara Islam Terkaya di Dunia - Saat ini banyak negara yang saling berlomba untuk meningkatkan kekayaan negeri. Meningkatkan kekayaan negara memiliki banyak kelebihan diantaranya untuk memberantas kemiskinan penduduk yang banyak diderita oleh beberapa negara.

Banyak negara yang mengoptimalkan sumber daya yang di miliki untuk bisa menjadikan negara mereka sebagai Negara Kaya. Seperti pemanfaatan sumber daya alam dan pemanfaatan sumber daya manusia.

Kekayaan suatu negara dapat diukur dengan melakukan perbandingan, yakni membandingkan standar hidup penduduk suatu negara secara keseluruhan dengan menggunakan Produk Domestik Bruto ( PDB ) per kapita. Kekayaan negara dilihat dari beberapa indikator seperti biaya hidup relatif, inflasi, serta nilai tukar mata uang suatu negara yang di konversi ke mata uang bersama yaitu Dolar Amerika.

Kebanyakan dari kita sering berkaca kepada bangsa Eropa yang memiliki kemajuan perekonomian luar biasa sehingga lupa bahwa umat muslim juga memiliki negara-negara dengan kekayaan yang bahkan melebihi negara-negara Eropa.

Untuk itu, akan diperkenalkan beberapa Negara Terkaya yang dimana mayoritas penduduk dari negara tersebut adalah muslim. Selain itu, beberapa dari Negara Terkaya ini masuk sebagai nominasi Negara Terkaya di Dunia.

Negara Muslim Terkaya di Dunia

Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, Negara Muslim ini bisa menjadi Negara Terkaya di Dunia dan dijuluki sebagai Negara Petro Dolar. Berikut beberapa Negara Islam Terkaya :

1. Qatar

Qatar merupakan negara kecil yang berada di wilayah semenanjung Arab, teluk Persia. Negara ini berbatasan darat dengan Negara Arab Saudi. Wilayah Qatar sebagian besar terdiri dari gurun tandus dimana selama berabad-abad rakyatnya hanya bergantung pada gembala unta dan ternak lain, serta mencari ikan dan kerang mutiara di Teluk Persia.
Negara Terkaya di Dunia Qatar

Dulu negara Qatar dikenal sebagai negara yang miskin hingga pada tahun 1939, ditemukan cadangan minyak berlimpah di bawah tanah wilayah Qatar sehingga merubah posisinya yang dari negara miskin menjadi Negara Terkaya di Dunia. Sumber kekayaan Qatar berasal dari minyak bumi yang telah di Ekspor ke berbegai negara.

Qatar memiliki mayoritas penduduk muslim dan islam sebagai agama resmi. Bahasa yang di gunakan adalah bahasa arab dan bahasa inggris. Masyarakat Qatar memiliki tingkat kesejahteraan yang baik. Tersedia pendidikan, pendidikan, makanan, transportasi, dan pakaian gratis. Selain itu, juga tersedia beasiswa bagi yang ingin kuliah di Universitas Qotar di Dhoha.

Qatar memiliki jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan Indonesia atau negara-negara lain. Populasi penduduk Qatar kurang lebih 2 juta jiwa dengan pendapatan perkapita sebesar $93.965 dengan PDB sebesar $210.002 miliar.

2. Uni Emirat Arab

Negara Islam Kaya berikutnya adalah Uni Emirat Arab sebagai pemilik dari gedung tertinggi di dunia hingga saat ini, Burj Khalifah. Uni Emirat Arab adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi, yaitu Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras Al-Khaimah, Sharjah, dan Umm Al-Qaiwain.
Negara Terkaya di Dunia UEA

Kekayaan Uni Emirat Arab berasal dari minyak bumi dan gas. Uni Emirat Arab adalah negara penghasil minyak terbesar di timur tengah setelah Arab Saudi dan Iran. Sama halnya dengan Qatar, Uni Emirat Arab yang asalnya adalah negara gurun berevolusi menjadi negara modern dengan taraf hidup yang tinggi sehingga termasuk dari Negara Terkaya di Dunia.

Uni Emirat Arab diperkirakan memiliki 9.157.000 penduduk hingga 2015, dengan mayoritas muslim. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa arab. Negara Kaya ini memiliki pendapatan per kapita hingga $44.770 dengan PDB sebesar $440.181 miliar.

3. Kuwait

Kuwait adalah negara wilayah timur tengah yang memiliki kekayaan minyak pada pesisir teluk persia. Kuwait berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Kuwait dulunya merupakan negara miskin yang jarang di ketahui oleh orang.
Negara Terkaya di Dunia Kuwait

Pada tahun 1930-an, minyak di temukan di Kuwait sehingga merubah tingkat perekonomian negara hingga menjadikan Kuwait sebagai salah satu Negara Terkaya di Dunia. Pendapatan per kapita sebesar $43.103 dengan total PDB $172.350 miliar.

Kuwait dihuni kurang lebih 4 juta penduduk dengan rata-rata mayoritas muslim. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa arab. Bahasa inggris juga di gunakan secara luas di beberapa daerah. Kuwait memberikan pendidikan gratis kepada masyarakat dan mengirim mereka ke universitas-universitas luar negeri dengan menggunakan biaya negara.

4. Brunei Darussalam

Negara Islam Terkaya dan Termakmur selanjutnya adalah Brunei Darussalam. Negara ini berbatasan lansung dengan Indonesia yaitu berada di pulau kalimantan yang luas wilayahnya sekitar 5.765 km/segi.

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara islam yang memberlakukan sistem hukum islam syar'i. Beberapa bukti yang bisa di ambil adalah di haramkannya miras di negara ini dan bagi orang non-muslim yang masuk ke dalam negara hanya di perbolehkan membawa 2 botol miras saja. Pada tahun 2011 rokok resmi di haramkan oleh sultan brunei.
Negara Terkaya di Dunia Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memiliki Indesk Pembangunan Manusia tertinggi di asia tenggara setelah Singapura, sehingga di klasifikasikan sebagai negara maju. Menurut Dana Moneter Internasional bahwa Brunei menempati posisi kelima sebagai negara dengan PDB per kapita yang tinggi di dunia dalam kemampuan berbelanja. Adapun perkiraan PDB negara ini sebesar $15.102 miliar dengan per kapita $36.607.

Sumbangan terbesar kekayaan Brunei berasal dari ladang minyak bumi dan gas yang luas. Hampir setengah pendapatan PDB berasal dari minyak bumi dan gas, sehingga Forbes menjadikan negara ini sebagai Negara Terkaya Kelima dari 182 Negara di dunia.

Bahasa resmi yang di gunakan di negara ini adalah Melayu, namun selain itu kurang lebih 90% penduduk brunei juga fasih dalam berbahasa inggris sebagai bahasa kedua mereka.

5. Bahrain

Negara Kaya selanjutnya berasal dari daerah teluk persia yang berpisah dari Arab Saudi dan Qatar yaitu Bahrain.  Bahrain merupakan kepulauan rata dan bergurun. 92% wilayah Bahrain adalah gurun, sehingga penduduk Bahrain selalu waspada dengan badai pasir.
Negara Terkaya di Dunia Bahrain

Kekayaan alam Bahrain adalah minyak mentah dan gas, serta memilki cadangan ikan yang mencukupi. Tetapi kebanyakan sumber pendapatan bahrain berasal dari produksi dan pemrosesan minyak.

Pertumbuhan ekonomi bahrain adalah yang tercepat pada 2006 menurut Komisi Ekonomi dan PBB Asia Tengah. Bahrain juga mempunyai pasaran ekonomi paling bebas di timur tengah dan berada pada peringkat ke-25 ekonomi paling bebas di dunia.

Bahrain memiliki pendapatan per kapita sebesar $28.272 dan besar PDB sebanyak $33.862 miliar, sehingga cukup membuat Bahrain di daulat sebagai salah satu Negara Terkaya di Dunia.

Agama resmi adalah islam, yaitu sebesar 81% mayoritas muslim, 9% kristen, 9,8% mengamalkan ajaran lain. Bahasa resmi digunakan ialah bahasa arab, selain itu ada juga bahasa persi, bahasa urdu, inggris yang juga di tuturkan sebagian masyarakat Bahrain.

6. Arab Saudi

Negara Terkaya selanjutnya jatuh pada pemilik dua kota suci, Makkah dan Madihan, yaitu Arab Saudi. Arab Saudi merupakan salah satu negara yang terletak di Jazirah Arab dimana sebagian wilahnya di penuhi oleh Gurun, biasa di sebut sebagai gurun Sahara.

Arab saudi dikenal sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu di Makkah. Pertumbuhan dan perkembangan agama Islam-pun di awali di Arab Saudi. Dahulu, wilayah ini dikenal sebagai tempat perdangan terutama di kawasan Hijaz yaitu Yaman, Makkah, Madinah, dan Damaskus. Kebanyakan penduduknya adalah pedagan, petani kurma, dan peternak unta dan domba.

Dari dulu Arab saudi ( terutama Makkah ) di kenal sebagai wilayah yang memberikan pelayanan terhadap umat islam khususnya jama'ah haji yang datang dari berbagai wilayah di dunia. Hingga saat ini juta-an manusia selalu ramai berbondong-bondong datang ke tanah haram ini.
Negara Terkaya di Dunia Arab Saudi


Saat ini, sumber kekayaan Arab Saudi bertumpu pada sektor minyak bumi dan petrokimia sejak di temukannya sumber minyak pada tahun 1938. Pendapatan per kapita $24.454 dengan besar PDB $752.459 miliar, cukup menjadikan negara ini sebagai salah satu Negara Terkaya di Timur Tengah dan Negara Terkaya diantara Negara Islam lainnya.

7. Oman

Negara Oman berada di wilayah pesisir tenggara jazirah arab. Oman berbatasan dengan Arab Saudi di bagian Barat, kemudian Uni Emirat Arab di bagian barat laut, dan yaman di barat daya. Oman pernah menjadi kekuatan kawasan yang moderat, hingga melintasi selat Hormuz, iran, pakistan hingga pesisir tenggara Afrika.
Negara Terkaya di Dunia Oman

Oman juga memiliki kawasan yang indah di bagian pantainya. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan pantai tersebut.

Sumber kekayaan oman berasal dari pengolahan minyak bumi dan gas. Cadangan minyak bumi Oman hingga 5,5 miliar barel dengan produksi minyak tiap harinya sebesar 800.000 barel. Pemanfaatan ladang gas membuat oman mendapat peringkat ke-28 di seluruh dunia. Pendapat per kapita di oman sebesar $19.002 dengan besar PDB $77.755 miliar. Maka tidak salah lagi jika oman masuk sebagai Negara Islam Terkaya di Dunia.

Kesimpulan

Ternyata Negara kawasan timur-tengah memiliki kekayaan yang luar biasa melebih kawasan-kawasan yang lain di seluruh dunia. Terbukti! bahwa penyumbang kekayaan terbesar dari negara-negara di atas merupakan pemanfaatan sumber daya alam yaitu minyak bumi dan gas sehingga bisa menempatkan mereka sebagai Negara yang kaya raya.

Sebenarnya masih banyak Negara Islam lain yang memiliki Kekayaan sehingga membuat penduduk negara tersebut bisa hidup makmur seperti Negara Turki, Libya, Malaysia, Lebanon, Khazaztan, Iran hingga Tunisia.

Semoga artikel Negara Terkaya di Dunia terutama Negara Islam bisa menambah motivasi belajar untuk bisa meningkat sumber daya manusia demi membuat Negara yang anda tempati bisa menjadi Negara Maju seperti Negara-Negara di atas.

Silahkan bagikan agar bisa menambah pengetahuan teman-teman yang lain. Komentar dan kritikan kami harapkan demi menambah kualitas artikel di Blog Ini
Perhatian !!! Setelah membaca artikel ini diharapkan pembaca agar tidak menjadikan artikel ini sebagai rujukan yang paling benar, carilah artikel lain yang bisa mendukung/menambah hal-hal yang belum tercantun/dituliskan dalam artikel ini. Terimakasih. Jika ada pendapat atau komentar, silahkan masukkan komentar anda di kolom komentar di bawah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
February 18, 2016 at 8:53 AM delete

saya lebih suka melihat turti. mereka bisa bangkit dari fanatisme nasionalisme dan demokrasi

Reply
avatar
February 29, 2016 at 12:29 PM delete

Dubaiii,, juga termasuk kota termewah di dunia.

Reply
avatar
November 16, 2016 at 10:10 AM delete

qatar dulu juga pernah jatuh sedangkan uea belum sepengetahuanku ,, tapi semoga kekayan jangan membuat suatu negara terlena


Pilih dan rasakan liburan seru bersama Paket Wisata Dieng

Reply
avatar
September 9, 2017 at 7:29 PM delete

Saudaraku, negara Brunei bersempadan langsung dengan Malaysia melalui negeri Sarawak. Marilah sama-sama bersatu demi syiar Islam. Alhamdulillah

Reply
avatar
October 6, 2017 at 2:44 PM delete

bukannya brunei Asia ya? mendingan dubai yg dimasukin

Reply
avatar
January 9, 2018 at 1:16 AM delete

Alhamdulillah, indonesia kapan ya bisa lepas dari hutang piutang negara lain, semoga pemerintah dapat menemukan cara yang tepat mengatasi masalah keuangan kita

Reply
avatar
January 9, 2018 at 1:16 AM delete

Alhamdulillah, indonesia kapan ya bisa lepas dari hutang piutang negara lain, semoga pemerintah dapat menemukan cara yang tepat mengatasi masalah keuangan kita

Reply
avatar
August 20, 2018 at 10:21 AM delete

Dubai juga termasuk eni emirat arab anjay

Reply
avatar

- Berikan komentar yang mendidik dan membangun
- Kami harapkan saran dan kritikan yang baik untuk menambah kualitas artikel
- Berikan komentar yang sopan tidang mengandung unsur Porno dan SARA
- Jangan meninggalkan Link Aktif

Terimakasih atas Kepercayaannya